Archive for November 2015

Class ,Method ,konstruktor,parameter dan Objek pada Java

                                                          Class ,Method dan Objek pada Java
  • Class

Class dapat didefinisikan sebagai blueprint atau prototipe/kerangka yang mendefinisikan variabel-variabel (data) dan method-method(perilaku) umum dari sebuah objek tertentu. Bentuk umum kelas:
//deklarasi kelas
Public class ContohKelas {
//body kelas }
 
Contoh sebuah class adalah motor. Class motor memiliki data merk, warna, tahun pembuatan dan juga memiliki metode seperti menghidupkan mesin, kecepatan dsb.

Jadi jika ada motor Bowo, motor Raga dan motor Loan maka itu adalah sebuah objek dari class motor .

  • Objek
Representasi nyata dari sebuah class. Untuk membuat Objek, gunakan perintah new. Bentuk umum : Namaclass namaobjek = new Namaclass();

  •  Konstruktor
Metode khusus yang didefinisikan didalam kelas dan akan dipanggil secara otomatis setiap kali terjadi instansiasi objek. Konstruktor adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk memberi nilai awal pada saat objek diciptakan. Konstruktor akan dipanggil secara otomatis begitu objek diciptakan. Konstruktor memiliki ciri :
a. namanya sama dengan nama kelas
b. Tidak mengembalikan nilai ( dan juga tidak boleh ada kata void didepannya)
c. constructor tidak harus didefinisikan disetiap program  
  • Method
Method adalah suatu blok program yang isinya terdapat sekumpulan statement program yang disatukan menjadi sebuah subprogram, diawali dengan tanda “{“ diakhiri dengan tanda “}”. Method menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Ada dua buah method di dalam java, yaitu :
a.Fungsi : method yang memiliki nilai balik jika  method tersebut dipanggil.
b. Procedure : method yang tidak mengembalikan nilai. 

Untuk membuat atau menciptakan suatu method ada 4 bagian yang mendasar yaitu:
1.Nama Method
2.Daftar parameter-parameter
3.Tipe objek atau tipe primitive ( tipe data ) yang di kembalikan method
4.Badan program method
      
Contoh Method mengembalikan Nilai
Jika metode diberi awalan sebuah tipe data, maka metode tersebut akan memberi nilai balik data yang bertipedata sama dengan metode tersebut.
contoh :
int Namametode(){
int nilai;
System.out.println(“Kasih nilai balik”);
return nilai; // mengembalikan suatu nilai dari metode
}


Contoh Method Tidak mengembalikan Nilai
Jika diberi awalan dengan kata void maka metode tersebut tidak memberi nilai balik.
contoh:
void Namametode(){
System.out.println(“INI METODE”);
}

  • Parameter 
-> Parameter merupakan bagian dari method yang mana di dalam suatu method bisa memiliki 1 parameter   
     atau lebih dari 1 parameter.
-> Parameter itu sendiri adalah suatu bagian dari method yang mana harus di beri type.
Contoh Method menggunakan parameter 
Selain dua jenis diatas metode juga ada yang diberi parameter 
contoh : 
void Namametode(String a){ 
System.out.println(“INI METODE”); 
}




Senin, 09 November 2015
Posted by Unknown

Dampak Kemajuan Digital Sinema TV Cable pada masyarakat

                                              Dampak Kemajuan Digital Sinema TV Cable
                                                  https://tataldita.files.wordpress.com/2011/05/tv-digital2.jpg

Kini di era digital media televisi mulai menghadapi tantangan dari media internet. Kini sejumlah masyrakat memilih untuk menggunakan internet yang lebih cepat serta lebih efisien. Menonton siaran televisi, musik video atau lainnya bisa dengan mudah disaksikan lewat web youtube. Sedangkan untuk memperharui informasi berita mereka bisa membaca lewat media online.
Kemudian di tahun 2009 Amerika Serikat mulai menggunakan system siaran tv digital yang menghadirkan ratusan chanel bagi para penonton. Namun penerapan system tv digital di AS pun banyak menimbulkan problem. Kurangnya informasi kepada masyrakat membuat mereka kebingungan, mereka tidak mengerti bagaimana cara untuk mendapatkan converter atau set up box untuk dipasang ke tv analog, serta jika mereka telah memasang converter namun tidak bisa juga mendpatkan sinyal digital. Kemudian kekurangan dari sistem digital adalah ada (1) dan tidak ada (0). Sehingga jika masyarakat di perkotaan yang kebanyakan tinggal di gedung-gedung pencakar langit mereka kesulitan untuk mendapatkan sinyal, sehingga mereka sama sekali tidak bisa mendapatkan siaran televisi (0).
Selain menghasilkan ratusan chanel tv digital juga meghadirkan kualitas tv yang lebih baik dengan resolusi yang lebih tajam dan lebih jernih, layar lebih lebar serta kualitas suara yang lebih baik. High Definition TV atau HDTV yang menghasilkan gambar yang lebih jernih dan lebih lebar.
Tv satelit, digital cable service, digital video recorder, serta video disc semuanya menggunakan sistem penyimpanan data secara digital. Ide untuk memunculkan tv interaktif juga bermunculan, meskipun di tahun 1970an serta 1990an sudah muncul namun tidak mendapatkan respon yang positif. Tv interaktif konsepnya membuat masyarakat ikut berinteraksi dengan menampilkan acara – acara seperti kuis, telpon interaktif dan sebagainya.
Kemudian ada pula internet tv dimana program-program televisi dapat ditonton melalui internet. Sehingga penonton dimudahkan untuk menonton acara favorit mereka dimana saja kapan saja. Hanya perlu menggunakan gadget handphone atau komputer yang memiliki koneksi internet mereka pun dapat dengan mudah menyaksikan acara televisi.
Teknologi terbaru tv adalah penggunaan efek 3 Dimension atau 3 D dimana objek gambar yang dilihat tak hanya bergerak tapi juga terasa lebih nyata dan hidup sehingga penonton seperti dilibatkan dalam gambar tersebut. Konsep tv 3D bermula setelah James Cameroon sukses membuat film Avatar di tahun 2010. Namun tv 3D mengharuskan penonton menggunakan kacamata dan tanpa itu efek 3D tidak dapat dirasakan.
Di Indonesia sistem siaran televisi saat ini masih menggunakan siaran tv analog dimana 10 frekuensi dikuasi oleh perusahaan televisi besar yang juga telah berkonsolidasi menjadi beberapa grup media besar. Konsep tv analog yang free to air, atau bebas tanpa dikenakan biaya bagi masyarakat luas masih digemari masyarakat di Indonesia. Seperti yang terjadi di Amerika Serikat ke 10 saluran tv tersebut didominasi oleh acara hiburan, musik, berita serta olahraga.
                                                                 http://img.hsmagazine.net/2012/04/Unknown-2.jpeg
Kritik yang hingga kini menyatakan tv menjadi medium yang disia-siakan hal ini bisa dibenarkan tak terkecuali di Indonesia. Beberapa kali Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) harus menegur para perusahaan media yang dinilai memberikan siaran televisi yang tidak sehat bagi para penonton terutama bagi anak-anak. Adegan kekerasan, pornografi serta lainnya mendominasi siaran di televisi. Mereka menampilkan program televisi yang menarik minat masyrakat dengan rating dan share yang tinggi serta menarik banyak pengiklan. Bahkan di jam utama atau prime time, banyak menampilkan acara yang tak bersahabat dengan penonton terutama anak-anak. Namun walaupun sudah mendapatkan teguran dari KPI acara tersebut masih terus berjalan, meskipun dengan judul program yang berbeda namun dengan konsep yang sama.
Kemudian munculah tv kabel atau tv berlangganan yang menyediakan puluhan atau bahkan ratusan chanel asing yang memberikan beragam jenis program acara bagi beragam level penonton mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pengkategorian chanel yang beragam memungkinkan anak-anak untuk menonton acara yang dianggap sesuai dengan umurnya masing-masing. Orang tua pun tak perlu merasa khawatir dengan tontotan yang tidak mendidik, karena ada sistem pengaturan yang dapat diberlakukan bagi anak-anak mereka. Bagi orang dewasa pun tv kabel juga dapat memberikan variasi tontonan program, jika tv analog hanya memberikan acara yang monoton seperti sinetron, reality show, dan acara hiburan lain yang dianggap membosankan atau tidak berkualitas, mereka bisa menikmati acara televisi yang lebih informatif dan mendidik dengan menonton program dokumenter atau chanel berita.
Namun tentunya tidak semua lapisan masyarakat di Indonesia bisa menikmati layanan tv kabel karena harus membayar lebih, dan di beberapa daerah di Indonesia terutama di daerah terpencil mereka belum mendapatkan infrastruktur atau layanan tv berlangganan.
Sedangkan untuk sistem tv digital saat ini keberlangsungannya masih belum jelas. Seperti yang sudah saya tulis dalam response paper sebelumnya mengenai infrastruktur tv digital di Indonesia, banyak kendala yang dihadapi pemerintah Indonesia dalam mengaplikasikan tv digital. Selain infrastruktur, banyak juga masyarakat yang belum memahami apa itu tv digital. Konsep tv digital tentunya perlu mendapatkan apresiasi karena dapat memberikan layanan program acara yang bervariasi namun regulasi serta infrastruktur belum dapat mengakomodir hal tersebut. Layanan tv digital dengan basis free to air patut diberikan bagi masyrakat di Indonesia.
Pada bulan Maret 2015 lalu Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengabulkan gugatan Asosiasi Jaringan Tv Indonesia (AJTVI) yang menolak pengaplikasian sistem tv digital di Indonesia, serta membatalkan Peraturan Menteri oleh KEMENINFO mengenai tv digital. Sehingga kini tv digital yang sudah beroperasi di beberapa daerah tidak boleh melakukan siaran. Menurut penggugat aturan tv digital tidak bisa dilakukan secara terburu-buru dan tanpa regulasi yang jelas. Sebuah peraturan menteri tidak bisa dijadikan patokan untuk mengaplikasikan tv digital di Indonesia. Keberatan AJTVI juga didukung oleh KPI, yang mengganggap perlu adanya kajian mengenai siaran tv digital.
Selain masalah infrastruktur di Indonesia yang belum memadai faktor bisnis juga menjadi masalah. Selama ini entitas bisnis penyiaran akan merugi, yaitu jika sebelumnya mereka sudah memiliki chanel siaran sendiri mereka harus rela melepas dengan membagi kepada tv lain dan mereka pun harus membayar jika mau menggunakan saluran. Lalu kedua, jika nantinya penyiaran televisi kecil mengalami kerugian maka kemungkinan akan dibeli oleh perusahaan besar yang nantinya malah berujung pada monopoli media. Yang ketiga, penyelenggara siaran harus membeli pemancar untuk dapat mentrasmisikan ke lembaga multipleks, serta kerugian ekonomis lainnya.
Diluar berbagai permasalahan tersebut, pada intinya masyrakat wajib mendapatkan informasi yang lebih baik, mendidik dan variatif sehingga mereka bisa memilih mana yang cocok dengan pilihan mereka sendiri serta tidak harus membayar ekstra (free to air). Karena itu selama sistem tv digital belum diaplikasikan saatnya bagi stasiun tv terrestrial atau analog saat ini untuk memperbaiki program yang mereka tayangkan. Tak hanya sekedar untuk mendapatkan keuntungan ekonomi semata tapi juga harus memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang layak serta mencerdaskan bangsa. Jangan sampai keserakahan membuat mereka mengorbankan masyarakat. Apalagi frekuensi yang saat ini digunakan para pengusaha media itu adalah milik rakyat sehingga sudah seharusnya mereka memikirkan kepentingan masyarakat.
Sumber : http://komunikasi.us/index.php/course/3288-permasalahan-migrasi-tv-analog-ke-digital-di-indonesia
http://img.hsmagazine.net/2012/04/Unknown-2.jpeg
https://tataldita.files.wordpress.com/2011/05/tv-digital2.jpg
                          
Posted by Unknown

Dampak Kemajuan Digital Cinema di Dunia Film

                                                  Dampak Kemajuan Digital Cinema di Dunia Film                              

Film-film animasi telah banyak perkembangan. Efek visual yang dihasilkan hampir terlihat seperti aslinya, contohnya pada film Final Fantasy. Terutama ketika efek animasi menampilkan gambar berupa pemandangan alam. Kini banyak produsen film yang menghasilkan film animasi. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal dan peralatan yang tidak rumit, dapat menghasilkan karya film yang menakjubkan.
Memproduksi sebuah film yang spektakuler (seperti yang dilakukan oleh kalangan sineas Hollywood) tentu saja membutuhkan biaya yang sangat besar. Film-film Hollywood banyak menggunakan visual effect canggih yang membuat film mereka lebih hidup. Contohnya, film Titanic yang harus membangun tiruan kapal Titanic itu sendiri. Film Titanic itu sendiri menghabiskan dana sebesar 200 juta dollar atau kalau kita rupiahkan bisa mencapai angka 2,5 triliun rupiah.
Hasil gambar untuk titanic

Cara sederhana untuk membuat efek pada suatu film, kita dapat menggunakan 3DMax, lightwave, Cinema4D, Maya, atau oftware yang gratis seperti Blender. Software tersebut sebenarnya merupakan software 3D modelling yang juga bisa untuk animasi. Selain software diatas ada beberapa software yang memang khusus untuk keperluan animasi & visual effect movie yaitu Vue, Bryce, Poser, dan DAZ Studio. Setelah animasi dan visual effect selesai selanjutnya dilakukan kombinasi atau penggabungan antara visual effect yang biasa disebut compositing. Software yang digunakan bisa dengan Apple Shake, Adobe After Effects, Autodesk Combustion, D2 Software Nuke, Eyeon Digital Fusion, Jahshaka. Namun untuk hasil yang lebih real atau nyata bisa menggunakan platform yang mengkombinasikan solusi software & hardware. Platform tersebut bisa dengan Autodesk Inferno, Autodesk Flame, dan Autodesk Flint.
Kini format film beserta kecanggihan yang disertakan tidak hanya dapat kita nikmati melalui layar besar bioskop, tetapi juga dapat kita nikmati pula dalam format VCD ataupun DVD. Dengan menggunakan peralatan home theater, kita dapat menikmati film dirumah dengan kualitas seperti dibioskop.
Dampak yang ada dapat dilihat dari industri perfilman dan penontonnya.
Industri film adalah industri yang tidak ada habisnya. Sebagai media massa, film digunakan sebagai media yang merefleksikan realitas, atau bahkan membentuk realitas. Cerita yang ditayangkan lewat film dapat berbentuk fiksi atau non fiksi. Lewat film, informasi dapat dikonsumsi dengan lebih mendalam karena film adalah media audio visual. Media ini banyak digemari banyak orang karena dapat dijadikan sebagai hiburan dan penyalur hobi.
  • Industri Film
Dulu film yang dihasilkan berupa gambar hitam putih, tetapi sekarang film yang ada sudah bewarna seperti nyatanya objek tersebut.
Sekitar tahun 1822an, film-film yang ada adalah film bisu (tidak ada suaranya) hanya ada adegan-adegan sehingga penonton sulit untuk menangkap pesan yang ingin disampaikan. Dengan kemajuan teknologi, kini suara yang ada bisa terdengar dengan jelas, bersih, dan noisenya hampir tak terdengar.
Adegan-adegan yang terdapat dalam film bisu berlangsung sangat cepat, kini film yang ada berdurasi kurang lebih 2 jam dengan narasi yang runtut.
Film-film yang ada dapat diberikan musik latar dengan teknologi komputer dan segala macam efek-efek yang membuat film lebih dramatis dan terlihat lebih nyata.
Media yang digunakan untuk menikmati film kini sudah banyak. Jika dulu menggunakan teknologi yang sangat besar, berat, dan layarnya sangat kecil, kini film dapat dinikmati di televisi, bioskop, atau lewat VCD dan DVD. Selain itu, film dapat dinikmati pula di rumah dengan kualitas gambar yang baik, tata suara yang ditata rapi, yang diistilahkan dengan home theater.
Dengan teknologi komputer, film dapat dibuat dengan biaya produksi yang lebih murah namun dengan kualitas yang baik
Munculnya film-film animasi yang mana itu adalah hasil karya dari kecanggihan teknologi komputer
Internet sangat membantu dalam mempromosikan film ke khalayak virtual.
Alat-alat produksi seperti kamera, komputer dll memiliki ukuran yang semakin kecil dan semakin canggih sehingga memudahkan dalam pembuatan film
Lokasi film diambil dapat direkayasa atau diambil di studio dengan settingyang menyerupai aslinya.
Film dapat di didistribusikan ke seluruh benua dengan teknologi yang ada.
Produser membuat film-film yang lebih imajinatif, kreatif dan modern. Film yang dihasilkan terlihat seperti nyata berkat kemajuan teknologi saat ini. Seperti harry potter, star wars, spiderman, transformer dll
Dengan perkembangan internet, film juga dapat disaksikan lewat jaringan superhighway
Saat ini tidak hanya berkembang film dengan 2 dimensi (2D) tetapi di era yang penuh dengan perkembangan teknologi dan serba digital sekarang sudah banyak film 3 Dimensi(3D) yang sangat luar biasa. Misalnya contoh film yang kaya dengan teknologi seperti Star Wars,yang 3D contohnya Ice Age 3, Final Destination 3,sekarang aka n ada avatar dalam 3D.
Dalam film Avatar kacamata polarisasi merupakan sebuah perkemabangan dalam film 3 D yang sebelumnya hanya menggunakan kacamata berlensa merah dan hijau. Berbeda dengan kacamata untuk menonton film 3 D, kacamata polarisasi terlihat bening sama seperti kacamata biasa.
Dengan teknologi capture information, film animasi seperti avatar dibuat dengan menggunakan komputer dari image aksi manusia yang sesungguhnya.
Munculnya studio membuat produksi semakin mudah tetapi biaya yang diperlukan lebih mahal
Dengan kemajuan teknologi, film yang dihasilkan dapat berupa gambar stereoscopic. Gambar stereoscopic merupakan gambar dimana ketika kita melihat pada layar maka seolah-olah kita merasa bahwa gambar tersebut sangat dekat.
Dengan aplikasi komputer grafis yaitu computer generated imagery (CGI) dapat dibuat film animasi.
Mimik wajah pemainnya dapat dibuat dengan menggunakan teknologi bukan lagi tata rias
Kecanggihan teknologi visual membuat sineas menjadi tak kesulitan menciptakan imajinasi melalui efek visual khusus yang memanjakan mata dan membuat penonton berdecak.
Kamera digital atau media lain dapat membantu manusia dalam pembuatan film yang diperuntukkan untuk diri sendiri atau merekam kegiatan. Seperti film dokumenter
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Penonton dapat dengan mudah mendownload film yang ingin ditonton. Sehingga pembajakan pun juga semakin meningkat.
Di Indonesia, film yang dihasikan belum memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.
Salah satu efek CGI dalam film yaitu digital grading. Dengan efek ini warna asli hasilshooting direvisi menggunakan perangkat lunak untuk memberikan kesan sesuai dengan skenario. Contoh penerapan efek ini yaitu penggunaan pada wajah Sean Bean (pemeran Boromir) dalam ”The Lord of the Rings : The Two Tower” ketika mati dibuat lebih pucat. Jadi, tidak dengan trik kosmetik, tetapi dengan polesan komputer.
Aplikasi komputer grafis yang digunakan adalah Computer Generated Imagery (CGI). Beberapa software dari CGI yang popular atau sering digunakan antara lain Maya, Blender, Art of Illusion dll. Computer-generated imagery (juga dikenal sebagai CGI) adalah penerapan bidang komputer grafis, atau lebih khusus, grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam film, program televisi, iklan dan simulasi umumnya, dan media cetak. Dengan perangkat lunak ini bisa diciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki.
  • Bagi Penonton
Penonton dapat melihat film dengan layar yang lebar dan suasana yang lebih nyaman. Contohnya di bioskop film akan main/mulai diputar, lampu dimatikan dan pintu-pintu ditutup sehingga penonton dapat konsentrasi memusatkan segala perasaannya.Ketika menonton film, tidak lagi film yang hanya bergerak dan tidak bewarna.
Jadwal bioskop dapat dilihat dari internet.Untuk menikmati gambar 3D, hanya diperlukan kacamata yang mendukung teknologi tersebut.Dengan televisi digital, penonton dapat memilih film yang ingin ditonton hanya dengan satu saluran saja.Film yang dihasilkan lebih bervariasi. Sehingga penonton dapat memilih film apa yang ingin ditonton
Penonton tidak perlu menonton di lapangan seperti zaman dulu yang menggunakan layar tancap, tetapi hanya perlu ke bioskop atau bahkan membeli teknologi home theater untuk menonton di rumah.

Posted by Unknown

Keunggulan dan Features 3Ds Max model digital Cinema

Keunggulan dan Features 3Ds Max:

1. Kelebihan dan Feature Ke 1

      Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.


      Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).


        Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut.


2. Kelebihan dan Feature Ke 2


       Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu-persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan, misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.




3. Kelebihan dan Feature Ke 3

        Feature membuat texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan texture yang realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture cartoon. Texture real adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan karakteristik permukaan suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil yang tampak asli dan nyata. Feature yang digunakan dengan menggunakan material standard. Sedangkan texture cartoon adalah memberikan texture seperti kartun, yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan adalah material Ink’npaint.



4. Kelebihan dan Feature ke 4


        Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effect.




5. Kelebihan dan Feature ke 5


         Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek motion blur dan depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur) pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic.




6. Kelebihan dan Feature ke 6


         Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik design 3d yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat pada software 3ds max.




7. Kelebihan dan Feature ke 7


         Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput.




8. Kelebihan dan Feature ke 8


         Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata.




9. Kelebihan dan Feature ke 9


          Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat khusus, karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta Particle dan BlobMesh.




10. Kelebihan dan Feature ke 10


         Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau MentalRay.





11. Kelebihan dan Feature ke 11


         Feature untuk membuat Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetai dapat juga diterapkan untuk benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya.




 

http://ubudbelajarkomputer.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-3d-max-dan-keunggulan.html

Posted by Unknown

DOLBY DIGITAL CINEMA

                                                             DOLBY DIGITAL CINEMA

   
Digital cinema atau kita bisa mengartikannya sebagai film yang berformat digital merupakan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak, pendistribusiannya bisa melalui perangkta keras berupa piringan optik seperti DVD (Digital Versatile/Video Disc) ataupun melalui satelit,
Dolby menunjukan solusi bioskop digital terbaru untuk audio ,jaringan 3D dan masih banyak lagi . Dolby memberikan kemudahan dari sebelumnya dengan para peserta pameran untuk transisi ke bioskop digital dengan lengkap dan handal solusinya. Ini termasuk bioskop digital server, perangkat lunak, dan 3D solusi, serta terbaru dalam pemrosesan audio, CP750 Digital Cinema Processor.
Perkembangan bioskop digital semakin hari semakin berkembang, maka dolby dengan bangga memeberikan teknologi premium di audio digital dan di sinema digital
DOLBY CP750
Komitmen dolby untuk menyederhanakan sinema digital yang mana memberikan fasilitas yg mudah dan ekonomis. Dirancang untuk bekerja dengan lingkungan sinema digital yang baru serta konten alternatif, dan server sinema digital.  Prosesor menggunakan interface-dan setup kuat / software remote, dan dapat memutar ulang audio digital PCM.Dengan membiarkan teater jaringan pusat operasi untuk mengelola sistem, unit dapat dimonitor, dikontrol, dan upgrade dari satu lokasi terpusat melalui Internet. CP750 bisa memproses pendengaran dan mengurangi gangguan penglihatan trek yang kadang terganggu.
Dolby 3D Digital Cinema
  • Berkualitas tinggi yang fleksibel-solusi 3D, yang mendukung baik 2D dan 3D pemutaran tanpa perlu sebuah auditorium 3D khusus atau layar perak khusus
  • Menyediakan serta memberikan pengalaman menonton yang luar biasa untuk  2D dan konten 3D
  • Menggunakan teknologi penyaringan warna yang unik untuk reproduksi warna realistis dan kristal gambar jelas.
  • Fitur Dolby 3D yang dapat dipakai ulang ratusan kali, menyediakan model keuangan yang menarik serta solusi ramah lingkungan
Dolby Digital Cinema Server
  • Termasuk Store Show Dolby (DSS100) dan Player Show Dolby (DSP100)
  • Built-in Screen Management System (SMS) software Built-in Screen Management System (SMS) perangkat lunak
  • DSS100 menampung hingga sekitar delapan film saat ini rata-rata ukuran file
  • DSP100 sandi data film, decode gambar dan suara, dan output data citra reencrypted ke proyektor sinema digital
Dolby Tampilkan Perpustakaan
  • Memungkinkan peserta untuk memuat konten digital dari server pusat melalui Ethernet, USB 2.0, satelit, DVD, atau drive removable hard
  • Membagi-bagikan file elektronik dan secara otomatis ke jaringan sistem Dolby Digital Cinema seluruh multipleks
  • Memungkinkan operator teater untuk dengan mudah memprogram jadwal seluruh film, termasuk iklan pada layar, dengan menggunakan drag-and-drop Dolby sofware manager menampilkan antarmuka manager dan  perangkat lunak
TENTANG LABORATORIUM DOLBY
Didirikan pada tahun 1965 dan paling terkenal untuk-kualitas audio yang tinggi dan surround sound, Dolby menciptakan inovasi yang memperkaya hiburan di film, di rumah, atau di mana saja.
Hardware yang digunakan
Untuk menghasilkan sebuah digital cinema,  harus selalu didukung oleh beberapa hardware yang mendukung diantaranya kamera dan proyektor.
Kamera Digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut.
Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

Kamera-kamera baru seperti Arriflex D-20 dapat menangkap gambar dengan resolusi 2K, dan kamera bernama Red One keluaran perusahaan Red Digital Cinema Camera Company dapat merekam dengan resolusi 4K.

Proyektor
Proyektor adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.
Ada beberapa tipe proyektor yang digunakan untuk menayangkan digital cinema, diantaranya proyektor DLP dan DCI. Untuk  Proyektor DLP resolusi yang dihasilkan sebesar 1280×1024 atau setara dengan 1.3 megapiksel. Sedangkan proyektor DCI memiliki dua jenis spesifikasi, yaitu 2K (2048×1080) atau setara 2.2 MP dan 4K (4096×2160) atau setara dengan 8.85 MP.
PERKEMBANGAN DUNIA FILM SAAT INI
Semakin hari perkembangan film mencapai puncaknya, yang dahulu film hanya hitam dan putih, resolusi gambar nya yang belum mencapai kualitas yang baik hingga sekarang kualitas yang ditawarkan film-film saat ini sudah jauh lebih bagus daripada yang dulu. Dengan screen yang berwarna-warna, banyak terkandung beberapa ekspresi serta bahkan sudah ada yang menampilkan efek – efek yang luar biasa yang tentunya memukau para penikmat film.
Salah satunya adalah pada film transforme

Sebuah Maha karya terbaru dari Michael Bay (The Rock,Armageddon,Pearl Harbor), yang bekerjasama dengan Spielberg (Jaws,Jurrassic Park,Schlinder’s List) sebagai executive producers-nya berjudul TRANSFORMERS baru saja premiere di Indonesia. Bercerita tentang film kartun era 80an yang lalu dimana ada robot-robot dari luar angkasa yang ingin mengambil alih dunia sebagai tempat tinggal mereka. Memang simple alur cerita yang ditawarkan dalam film ini akan tetapi kita akan dibuat takjub dengan visual effects dari ILM (INdustrial Light and Magic milik sutradara legendaris George Lucas) yang disuguhkan dengan sangat apik dalam film ini.
Meskipun diisi oleh wajah baru dalam film ini (hanya ada 1 aktor kawak John Voight yang berperan sebagai menteri pertahanan amerika) akan tetapi tidak membuat kita tidak ingin meninggalkan layar untuk menonton film ini.Bahkan akan sangat disayangkan sekali jika kita tidak berkonsentrasi penuh selama menonton film ini karena gambar-gambar yang disajikan bergerak dengan sangat cepat sekali. Selain itu, sepanjang film yang nota bene adalah film keras (action), kita tidak akan tegang karena penulis naskahnya mampu menyelipkan humor-humor segar yang sangat lucu disepanjang film. Terutama pada saat robot-robot transformers yang sangat besar harus bermain petak umpet dengan manusia agar tidak diketahui keberadaannya.


http://investor.dolby.com/ReleaseDetail.cfm?releaseid=373725
www.dolby.com
http://cdn.badassdigest.com/uploads/images/40456/bumblebee__span.jpg


Kamis, 05 November 2015
Posted by Unknown

Popular Post

Blogger templates

Followers

Universitas Gunadarma

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Kancil And Tiger -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -